game

Sabtu, 10 Desember 2011

bapedal opini


Nama               : Wahyu Aji Prasetyo
NIM                : 090810201126
Kelas               : MGT E

Masihperlukah lembaga BAPEDAL??
BAPEDAL adalah suatu lembaga pemerintahan daerah di bidang pengendalian dampak lingkungan, seperti pencemaran dan limbah. BAPEDAL bertugas membantu gubernur dalam menyelenggarakan pemerintahan dibidang pembinaan dan pengendalian dampak lingkungan. BAPEDAL bertanggung jawab kepada pemerintah, BAPEDAL akan memberikan informasi yang relevan kepada pemerintah sebagai badan pengambil keputusan untuk memberikan izin usaha yang berpotensi menimbulkan dampak lingkungan, sehingga dalam izin tersebut perlu diatur persyaratan zang harus dipenuhi oleh pemrakarsa usaha untuk mencegah terjadinya polusi atau dampak kerusakan lingkungan yang akan ditimbulkan. Tetapi semua itu hanya sekedar nama saja. Sebagai salah satu institusi pemerintah yang berwenang dalam menangani persoalan pencemaran dan limbah, BAPEDAL di tuntut untuk bekerja, bukan hanya diam melihat masalah – masalah yang terjadi sekarang ini.  Adanya BAPEDAL saat ini sepertinya sudah tidak diperlukan lagi, karena BAPEDAL tidak menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Lingkungan hidup di Indonesia sekarang ini semakin memburuk dan terus memburuk.
Banyak sekali kasus – kasus pencemaran dibeberapa daerah di Indonesia yang bisa mengancam jiwa manusia yang tidak bisa ditangani dengan baik oleh BAPEDAL. Seperti tragedy underground blow out akibat pengeboran gas lapindo brantas Inc ( LBI ) yang kedalamanya hampir mencapai 3000 meter dibawah permukaan tanah yang menyebabkan timbulnya semburan lumpur panas bercampur dengan gas yang mengandung racun yang terus menerus keluar dari dalam tanah sehingga menenggelamkan ribuan rumah penduduk di kecamatan porong dan tanggulangin, kasus pencemaran yang menyebabkan banyaknya ikan yang mati di desa Shering kota riau sekitar tahun 2007 lalu, dan kasus limbah B3 tembesi di kota batam sekitar 3 bulan yang lalu. Kasus – kasus pencemaran seperti ini disebabkan oleh perusahaan – perusahaan besar yang tidak bisa mengelola limbahnya dengan baik, sehingga mencemari lingkungan. Adanya hal seperti ini seharusnya BAPEDAL cepat respon, tanggap dan bertindak tegas untuk menyelesaikan kasus ini, karena hal ini sama saja dengan kejahatan lingkungan, jika di biarkan mungkin saja hal ini akan terjadi lagi.
Jika memang BAPEDAL sudah tidak bisa mempertanggung jawabkan dan tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, sebaiknya BAPEDAL dibubarkan saja. BAPEDAL tidak mampu mengendalikan pencemaran dan limbah, bahkan pernah terjadi pada beberapa kasus BAPEDAL membina pencemar lingkungan untuk memanipulasi pencemaran lingkungan agar terbebas dan selamat dari jerat hukum. Bagaimana bisa lingkungan atau tempat tinggal kita bersih dan bebas dari pencemaran dan limbah jika lembaga yang di tugaskan oleh pemerintah untuk menangani masalah ini tidak menjalankan tugasnya, apalagi di era seperti sekarang ini yang banyak sekali aktifitas pembangunan yang berdampak buruk bagi manusia di masa yang akan datang, dan bahkan lembaga inilah juga yang menyebabkan semakin banyaknya pencemaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar